Minggu, 24 Oktober 2010

LUKA, Tenni, Saya :)

 Review ditulis oleh Adyta Purbaya


Kumpulan cerpen nya Tenny Rose Princess :) Judulnya LUKA,, yang juga jadi judul cerpen pertama dalam buku ini.

Hal pertama yang saya rasakan begitu membaca buku Tenni adalah : “Wewww,, tingkat tinggi sekaleee..” haha,, aseli deh say,, buku mu tingkat tinggi sekalii,, saya kewalahan membacanya, haha, rasanya kok tinggi sekalii, otak saya kesulitan mencapainyaa. haha (dasar gue dodol aja, terbiasa baca teenlit siih :D )

Cerpen-cerpen nya Tenni itu… pada dasarnya tentang cinta juga kok. Tapi cinta yang nggak sekedar cinta remaja :D Ada cinta ke kakak, orang tua, temen, nenek, dan anggota keluarga lainnya.




Tenni dengan sukses menyusun kalimat demi kalimat hingga bisa jadi begitu, sastra sekali rasanya yah say?? saya nggak biasa baca cerita-cerita yang membutuhkan daya nalar tinggi begitu, hihi, tapi at least, saya suka cerita-cerita disana. Sukaaa.. bagaimana kamu menuliskan perasaan cinta untuk orang-orang lain disekitar kita (nggak cuma pacar), suka bagaimana cara kamu mendeskripsikan perasaan dalam cerita-cerita disana. suka pokoknya!!

Meskipun saya harus baca berulang kali tiap paragraf nya supaya bisa mengerti. haha. masyaAllah dodol sekali sayaa :D apa karena otak saya dibiasakan membaca teenlit roman yah makanya pas baca yang begitu saya agak kewalahan? hihi, harus sering2 baca buku seperti punya mu kalo gitu say,, biar otak ini terbiasa.

saya pingiiiin banget bisa nulis yang begini.
saya pingin bisa jadi penulis yang bisa nulis banyak genre, hohohoo…
Kan, alah bisa karena biasa yaa??… saya bisa nulis novel roman teenlit karena terbiasa membaca novel teenlit. haha. seminggu bisa beli DUA novel gagasmedia :D (si mama udah marah2 aja tuh!)
berarti, saya harus sering2 baca tulisan atau cerita yang seperti punya mu ini supaya saya bisa menulis yang begini :D


Saya ingat., kemarin sore pas draft kumpulan cerpen ini telah berhasil terkirim ke email saya, Tenni ngetwitt saya : “Siapin tissue banyak2 yaa, buuu…” Hahahha.. tadinya saya hanya menanggapi dengan tertawa, tapi setelah membaca beberapa cerpen disana, kok ya saya memang beneran pengen nangis :D

Tema yang diangkat Tenni untuk tiap cerpennya itu… wuih… tinggi bangeeet, masalah-masalah sosial (contohnya aja korupsi dan anak jalanan).. kereeeen… bahkan saya yakin, saya akan sangat sangat sangat kesulitan untuk bikin cerita dengan tema begitu :D (lagi-lagi karena saya hanya mampu menulis novel dengan genre teenlit roman, xixixixi)




“Ia mencoba mencari-cari, merenungkan apa yang salah pada dirinya. Ia kini telah nyaris sempurna, tapi mengapa tak ada laki-laki yang bisa membahagiakannya? Apa yang laki-laki cari dan tak ada dalam dirinya?”



Ciri khas Tenni yang bisa saya simpulkan (setelah membaca beberapa cerpennya) adalah : Tenni kalo nulis cerpen, dialog nya dikit, banyak penjelasnya itu. dan itu.. itu yang menurut saya bikin keren!
nggak setiap penulis bisa… (atau cuma saya aja yang nggak bisa ya? :D)
kalo saya mah, banyakan dialog nya. hahahaha. makanya halamannya jadi tebel, ampe 178 begitu, :D :D :D
astagaaa jadi apa sii yang saya bisa? cuma menulis novel teenlit doang? wowooo.. harus banyak belajar menulis lagi nih dengan membaca tulisan-tulisannya para finalis 99writers :D

“Kamu harus berubah untuk diri kamu sendiri. Kalau kamu berubah untuk dirimu sendiri, kamu akan tetap sebaik ini meski aku tidak ada,”

daaaaan yang bikin saya geregetan dengan cerpen-cerpen Tenni adalah : dia selalu mengakhiri cerpennya dengan ending yang.. menggantung.. sehingga ketika saya membacanya, saya akan berkata “Ahhh.. kenapa ending siii…” karena saya berharap cerita itu masih ada kelanjutannya. masih terus ada halaman selanjutnya (halaman penjelasnya). Karena sekali lg,, hihi,, malu saya ngomongnya… saya sedikit kewalahan memahami ceritanya :D (dodooolllll :D) sastra banget say :D


“Karena aku laki-laki. Laki-laki sejati tidak akan membiarkan perempuan diremehkan seperti itu. Perempuan diciptakan untuk disayangi, dihormati, dijaga, bukan dipermainkan,”


saya sangat mengagumi cara menulismu say :D sesuatu yang tidak bisa saya lakukan :D
tapi, begitu membaca ‘tentang penulis’, saya menemukan jawaban untuk semua itu. Ya iyalaaah tulisan kamu jadinya bagus banget begini, kamu sarjana Ilmu Komunikasi, konsentrasinya Ilmu Jurnalistik. waw waw waw… pilihan jurusan yang tepat say :D


ohiya satu lagi (bukan tentang LUKA, tapi tentang kamu) ...
...
membaca ini : Presenter Berita di Stasiun Televisi sekaligus Penulis Kreatif yang Produktif. That are my ambition also, say :D mari bersama-sama kita wujudkan. hahahah. amin ya rabbi ^^


trus satu satu lagi, hehe,
kemarin sempet ngobrol soal dedikasi nya juga sama Tenni. dia bilang “Enak yah, punya pacar, jadi bukunya bisa dideikasikan untuk pacar”. Setelah membaca ucapan terimakasih mu yang terkahir, saya nangis say, hihi, :cengeng:, pilihan kalimat yang sangat sangat menyentuh hati.. apapun itu.. apapun yang jadi masalah kalian sehingga bikin jadi ngga bisa sama-sama lagi, apapun itu say, yakin aja, jodoh ngga pernah salah. DIA akan menemukan kita dengan orang yang tepat :* semangat yah sayaang :)

hm..
ini :)
maaf lama ya sayy...
(udah dikasih tau kan alasannya)
:D
:D
(wait for my review's book also ya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar