Senin, 15 November 2010

Rahasia Ruwi Bikin “Penasaran”

 review oleh rosepr1ncess


Yap, saya baru tahu kalau novel metro pop juga bisa bikin nangis. Selama ini saya jarang baca novel metro pop karena kebanyakan isinya menjual mimpi, temanya membosankan, dan jauh dari kehidupan sehari-hari. Tapi membaca Rahasia Ruwi karya Saidah Irham, saya tahu bahwa ada penulis metro pop yang bisa menyentuh rasa terdalam saya, terutama soal masa lalu.


Rahasia Ruwi berkisah tentang Ruwi Ananta, seorang gadis yang memiliki karir cemerlang dan memilki seorang  adik laki-laki yang sangat menyayanginya. Hidupnya yang tenang bersama adik laki-laki satu-satunya itu, kemudian mulai terusik sejak dia bertemu Diandra Santoso (Andra). Laki-laki pewaris kekayaan perusahaan keluarga yang terkenal di Indonesia itu ternyata kurang memiliki hubungan yang baik dengan keluarganya, terutama dengan kakaknya sendiri. Andra menemukan kehangatan keluarga ketika menyelami kehidupan Ruwi dan adiknya.



Andra jatuh cinta pada Ruwi sejak pertemuan pertama mereka. Andra sesungguhnya sudah tertarik, karena Gadis itu beda, begitu sulit disentuh, dan begitu sulit diraih. Semua hal yang ada di diri Ruwi selalu menyentuh hati Andra. Kecuali satu hal, yang akhirnya kemudian terungkap. Satu rahasia yang Ruwi simpan rapat dan tak ingin siapapun membahasnya lagi, termasuk Andra yang dicintainya utuh. Andra memang tak bisa menerima Rahasia Ruwi itu, tapi ia kemudian kembali berpihak pada Ruwi ketika tahu bahwa Rahasia Ruwi berkaitan erat dengan Rahasia-nya sendiri. Masa lalu mereka berkaitan, dan itu yang mereka sadari menjadi takdir yang akhirnya menyatukan mereka.



Ya,di balik labelnya yang metro pop, di balik latar kehidupan novel ini yang sangat urban, novel Rahasiswa Ruwi menceritakan hal-hal yang esensial. Tema besarnya adalah hubungan keluarga, persahabatan, juga percintaan yang sangat manusiawi, sehingga mampu menyentuh sisi-sisi humanis pembaca ketika menyusuri halaman demi halaman. Rahasiswa Ruwi, seusai judulnya, berhasil membuat pembaca penasaran ingin mengetahui Rahasia apa yang tersimpan dalam novel ini. Saya sebagai pembaca, terus membuka halaman, ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi, apa yang sebenarnya disembunyikan oleh tokoh utama dalam novel ini. Sangat menarik.


Saidah berhasil membuat pembaca tersentuh terutama dengan kepingan-kepingan peristiwa masa lalu tokoh utama yang ditulis dengan sangat rapi. Hubungan sebab-akibat ditulis dengan cara yang unik. Kepingan-kepingan masa lalu itu terungkap sebagian demi sebagian, menuntun pembaca untuk tidak menutup buku ini sebelum menyelesaikan semua cerita. Benar-benar menarik.


Penasaran ingin tahu rahasia apa yang disembunyikan Ruwi? Penasaran pula apa Rahasia Andra yang berkaitan erat dengan Rahasia Ruwi? Beli buku Rahasia Ruwi, baca kisahnya, dan siapkan tisu untuk menemani keharuan teman-teman saat membaca novel ini. Setidaknya, Saidah sudah berhasil membuat saya menangis membaca novelnya.


 Saya pernah merasakan salah satu dari Rahasia yang Ruwi simpan. Maka ketika membacanya saya seperti mengingat masa lalu saya sendiri. Sakit, sudah pasti. Mau tahu yang mana? Sttt …ini rahasia….baca Rahasia Ruwi dan selamat menebak ….



----Rose Princess---



1 komentar: